Selamat Datang

Selamat datang di rumah blog Anjar Gigih Dewanto. Nikmati suguhan dan layanan Blog saya.

Mulailah buka Jendela Anda

Bersama Blog Anjar Gigih Dewanto dapatkan informasi-informasi yang anda butuhkan.

Pelajari dan Kerjakanlah dengan sungguh-sungguh

Mulailah Berfikir sejenak apa yang akan Anda Raih hari ini, esok, lusa, dan masa depan untuk Anda dengan membuat Planning yang rapi.

Buatlah Suasana Lebih Hidup

Bahagialah Orang yang anda cintai merasakan kesuksesan anda yang nyaman dan tentram.

Segera Wujudkan Impianmu

Banyak hal yang harus anda kerjakan mulai detik ini juga, Tetap Semangat, Tak Kenal Putus Asa , dan jangan lupa berdoa.. Pastikan Kesuksesan ada di depan Mata Anda .

www.ghivhie.blogspot.com

Wujudkan Sukses di Dunia dan Sukses di Akhirat.

Anjar Gigih Mengucapkan

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1434 H, Mohon Maaf Lahir Dan Batin.

Bahaya Radiasi Ponsel !!!

Para ahli mengungkapkan radiasi yang ditimbulkan ponsel tidak seratus persen bisa menyebabkan gangguan kesehatan terhadap manusia, mengingat masih banyak orang yang masih setia menggunakan piranti wireless ini untuk memudahkan aktifitasnya dan tidak terjadi suatu hal apapun bahkan boleh dibilang masih aman-aman saja.

Ponsel merupakan alat komunikasi dua arah dengan menggunakan gelombang radio yang juga dikenal dengan radio frequensi (RF), dimanapun kita melakukan panggilan, suara akan ditulis dalam sebuah kode tertentu ke dalam gelombang radio dan selanjutnya diteruskan melalui antena ponsel menuju ke base station terdekat dimana kita melakukan panggilan. Gelombang radio inilah yang menimbulkan radiasi dan banyak kontroversi dari berbagai kalangan tentang keamanan dalam menggunakan ponsel.

Pengukuran kadar radiasi sebuah ponsel umumnya disebut dengan Specific Absorption Rate (SAR). Pengukur energi radio frekuensi atau RF yang diserap oleh jaringan tubuh pengguna ponsel bisa dinyatakan sebagai unit dari watts perkilogram (W/kg). Batas SAR yang ditetapkan oleh International Commission on Non-Ionizing Radiation Protection (ICNIRP) adalah 2.0 W/kg. Sementara The Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) juga telah menetapkan sebuah standar baru yang digunakan oleh negara Amerika dan negara lain termasuk Indonesia dengan menggunakan batas 1.6 W/kg.

Bahaya-bahaya penggunaan ponsel :
* Resiko gangguan pada Otak dan Kulit
Inggris. Ponsel dapat membuat panas otak sehingga mengganggu fungsinya. Sebuah kajian yang telah diterbitkan di Inggris tahun lalu, mengungkapkan tingkat paparan (exposure) gelombang dari ponsel yang ditempelkan di dekat telinga atau bagian badan tertentu lebih besar daripada tingkat paparan dari stasiun ponsel terhadap seluruh badan.

Swedia. Sebuah studi menunjukkan peningkatan rasa/sensasi panas sebesar 48 kali terhadap telinga, muka dan kepala dari pengguna ponsel. Di Swedia juga dilaporkan pada tahun 2006 bahwa kita memiliki risiko 240 persen lebih besar terkena kanker otak berbahaya, tepatnya di bagian kepala yang berdekatan dengan telinga yang sering digunakan untuk bertelepon.

Rusia Ponsel dapat meningkatan suhu permukaan kulit sampai 4,7 oC yang dapat mengarah ke timbulnya kangker kulit. Di Inggris, ditemukan seorang pengguna ponsel yang meninggal karena tumbuhnya sel-sel kanker pada permukaan kulit yang sering bersentuhan dengan ponsel.

Beberapa peneliti memperingatkan bahwa dampak panas ponsel ini dapat menyebabkan paras pengguna bergaris-garis dan cekung yang menjadi awal terjadinya penuaan dini. Diduga panas menyebabkan sel-sel badan menurun kerjanya karena proses-proses dalam sel tak dapat berjalan secara efisien.

* Risiko Terkena Kanker

Pengguna ponsel berat (beberapa jam / hari) ditemukan terkena kangker getah bening non-Hodgkin pada leher di area yang sering mengalami kontak ponsel. Beberapa menit paparan radiasi ponsel dapat mengubah 5% sel kangker aktif menjadi 95% sel kangker aktif, selama periode paparan dan beberapa saat setelah itu. Risiko terkena tumor yang amat langka, neuro-epithelia, yang berkembang di luar otak, meningkat dua kali lipat pada penggunaan ponsel di bandingkan non-pengguna. Pada tahun 1998, tercatat tak kurang 8 tuntutan hokum berkenaan dengan timbulnya tumor otak akibat penggunaan ponsel.

* Menyebabkan Tumor

Sebuah studi yang dilakukan oleh Deltour dkk baru-baru ini menemukan bahwa jumlah penyakit tumor otak yang disebut glioma dan meningioma menunjukkan gejala tetap stabil, menurun, atau mengikuti peningkatan gradual yang sama antara waktu sebelum adanya penggunaan ponsel maupun setelah telepon genggam populer dipakai. Studi ini dilakukan dengan meneliti data nasional negara-negara Skandinavia (Denmark, Finlandia, Norwegia, dan Swedia) dari tahun 1974 hingga 2003. Keempat negara Skandinavia ini memiliki jaringan seluler sejak 1981, atau dua tahun lebih dulu dari AS.

Hasil penelitian ini menambah bukti tentang tidak adanya hubungan antara pemakaian ponsel dengan kecenderungan seseorang mengidap penyakit otak akibat gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh ponsel. Jika ponsel disebut sebagai salah satu penyebab utama tumor otak dalam waktu pemakaian antara 5 sampai 10 tahun, maka seharusnya ada peningkatan gejala tumor otak yang diakibatkan maraknya pemakaian ponsel di negara-negara Skandinavia pada tahun 1998 hingga 2003 yang lalu.

Meski begitu, mereka menyatakan bahwa pemakaian ponsel mungkin akan memberikan resiko tumor jenis langka kepada pengguna ponsel kelas berat. Selain itu, jika periode induksi tumor yang dihubungkan dengan ponsel ini lebih lama dari 10 tahun, maka masih diperlukan penelitian lebih lanjut, terutama pada populasi lain yang juga memiliki tingkat pemakaian ponsel tinggi.

* Menyebabkan Kemandulan ( Berkurangnya tingkat kesuburan )
Pernah terjadi seorang wanita berturut-turut mengalami keguguran ketika usia janin berusia 2-3 bulan. Pasangan suami istri ini mengecek kehamilan berikutnya dan mendapati bahwa janin mengalami kerusakan sel berkesinambungan sampai janin mati. Dokter mengatakan bahwa rahim wanita ini telah terinfeksi oleh radiasi HP sehingga membuat janin di dalamnya tidak bisa bertahan lama untuk hidup dan berkembang. Rahimnya telah mati jadi tidak mungkin bagi dia untuk memiliki janin yang hidup pula.. Selidik punya selidik, wanita ini ternyata memiliki kebiasaan menyimpan HP di jaket kerja dia yang posisinya tepat dekat rahim selama beberapa tahun.

Hasil dari sebuah perhitungan menunjukkan bahwa quantum energi yang ditimbulkan oleh radiasi elektromagnetik ponsel, secara kuantitas relatif masih kecil karena hanya berkisar seper sejuta elektron Volts. Namun kalau jarak sumber radiasi dengan materi, yaitu jarak antara pesawat ponsel dengan kepala (khususnya telinga) diperhitungkan, maka dampak radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh ponsel tidak boleh diabaikan begitu saja. Alasannya adalah karena intensitas radiasi elektromagnetik yang diterima oleh materi (kepala khusus bagian telinga), akan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak, artinya makin dekat dengan sumber radiasi (ponsel) akan makin besar radiasi yang diterima. Persoalan akan lebih menarik lagi, kalau waktu kontak atau waktu berbicara melalui ponsel diperhitungkan, maka akumulasi dampak radiasi akibat pemakaian ponsel perlu dicermati lebih jauh lagi. Hal-hal inilah yang pada saat ini sedang diteliti oleh Prof. Leid Salford, yaitu dampak radiasi elektromagnetik ponsel terhadap tubuh manusia.

Hal penelitian mengenai pengaruh gelombang mikro terhadap tubuh manusia menyatakan bahwa untuk daya sampai dengan 10 mW/cm2 masih termasuk dalam nilai ambang batas aman. Nilai ambang batas aman sebesar 10 mW/cm2 ini berlaku di Amerika, sedangkan untuk negara-negara lain belum dicapai kata sepakat berapa sebenarnya nilai ambang batas aman tersebut. Sebagai contoh, Rusia menetapkan nilai ambang batas aman adalah 0,01 mW/cm2, jauh lebih kecil (1/1000 nya) nilai ambang batas aman yang ditetapkan oleh Amerika. Jadi mengenai penetapan nilai ambang batas aman masih perlu diteliti lebih jauh lagi, demi keselamatan pemakai gelombang mikro termasuk pula terhadap pemakaian ponsel.

Kekhawatiran terhadap adanya radiasi elektromagnetik yang dikeluarkan oleh ponsel, ternyata telah dimanfaatkan secara psikologis oleh produsen peralatan proteksi radiasi yang ditimbulakan oleh ponsel. Pada saat ini memang telah diperdagangkan suatu alat yang dikatakan dapat memproteksi radiasi yang ditimbulkan oleh pontel, terutama yang katanya dapat menembus dan mempengaruhi jaringan otak manusia.

Seberapa jauh efektifitas alat proteksi radiasi yang ditimbulkan oleh pemakaian ponsel, sejauh ini masih perlu diteliti kebenarannya. Namun yang jelas, dampak psikologis terhadap kemungkinan adanya pengaruh radiasi elektromagnetik yang dikeluarkan oleh ponsel, telah dimanfaatkan oleh para pedagang untuk menjual peralatan proteksi tersebut. Peralatan proteksi radiasi tersebut ada yang berlabel buatan Amerika dan berbentuk cincin yang menurut “petunjukknya” harus ditempelkan pada bagian telinga agar radiasi elektromagnetik dari ponsel tidak sampai ke jaringan otak. Ada juga peralatan lain yang dikatakan sebagai reduktor radiasi elektromagnetik ponsel berupa loudspeaker telinga yang dilengkapi dengan extension kabel atau lebih populer dengan sebutan alat “hands free”. Dengan alat hands free ini orang dapat berkomunikasi via ponsel tanpa memegang ponsel. Alat ini agaknya masih dekat dengan tubuh karena pada umumnya dimasukkan ke dalam saku baju. Namun sekali lagi, seberapa jauh efektifitas peralatan proteksi radiasi elektromagnetik tersebut, kiranya masih perlu diteliti lebih lanjut. Satu hal yang pasti dan perlu diperhatikan adalah berkomunikasilah dengan ponsel seperlunya saja, agar waktu kontaknya singkat sehingga dosis yang diterima kecil dan waktu kontak yang singkat juga berpengaruh terhadap kantong Anda, karena menghemat pemakaian pulsa ponsel.

Namun kendati sudah ada peringatan dimana-mana belum tentu masyarakat sekarang yang cenderung Ponsel mau dipisahkan dari alat komunikasi yang satu ini. Karena hp kini telah menjadi salah satu kebutuhan utama.

Kesimpulan :
Penggunaah Ponsel atau HP dalam waktu yang lama akan menyebabkan kanker, tumor, kemandulan (berkurangnya kesuburan), karena radiasi yang diberikan oleh sinyal Ponsel tersebut cukup tinggi. Selama tidak menggunakan dalam jangka waktu lama (kurang dari 15 menit), resiko terkena kanker cukup kecil.
Sumber: http://www.kamusilmiah.com/kesehatan/pengaruh-gelombang-elektromagnetik-ponsel-pada-kesehatan/

Contoh Proposal Pendirian Balai Pengobatan


PROPOSAL  PENDIRIAN BALAI PENGOBATAN
BP / RB ANJAR GIGIH DEWANTO

I.      PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Sejalan dengan hakekat pembangunan di bidang kesehatan yaitu meningkatkan derajat kesehatan setiap individu yang mampu memelihara dan meningkatkan kesehatan jasmani , rohani dan social.
Kesehatan adalah merupakan factor yang paling dominant dalam kehidupan masyarakat kita, untuk itu diperlukan suatu lembaga atau balai yang bias menangani pelayanan di bidang kesehatan. Dengan melihat potensi yang ada di wilayah Kecamatan Kasihan  baik potensi Sumber Daya Manusia (SDM), potensi lingkungan maupun potensi penduduk yang kurang lebih mencapai 50.000 jiwa, belum ada suatu lembaga yang menangani tentang pelayanan kesehatan terutama pada persalinan.

Dalam rangka untuk memenuhi tuntutan pelayanan kesehatan yang maksimal, sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat kecamatan Kasihan, maka Yayasan Anjar Gigih Dewanto memandang perlu untuk mendirikan suatu lembaga kesehatan untuk melayani pelayanan kesehatan masyarakat di wilayah Kasihan dan sekitarnya. Sebagai warga desa yang sedang berkembang, sampai saat ini kita masih menghadapi banyak permasalahan kesehatan masyarakat. Dalam rangka upaya menanggulangi permasalahan kesehatan tersebut pemerintah telah berupaya mengembangkan berbagai macam kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat, pelayanan tersebut selain dilaksanakan di sarana kesehatan milik pemerintah juga sarana pelayanan milik swasta atau masyarakat sendiri. Sistem kesehatan disusun untuk mendapatkan hasil guna kesehatan masyarakat secara maksimal dengan cara mengefektifkan semua sumber daya manusia yang tersedia, juga diperlukan adanya hubungan secara berjenjang dari tingkat yang tertinggi hingga tingkat yang leih rendah dalam kaitan kualitas pelayanan masyarakat. Disadari masih cukup banyak kendala yang harus diatasi untuk menjamin berhasilnya berbagai pelayanan kesehatan tersebut.

Dalam kemajuan zaman di era globalisasi ini masyarakat indonesia semakin perduli dan sadar akan pentingnya kesehatan dan tingkat pemanfaatan unit pelayanan kesehatan semakin meningkat pula. Masyarakat di daerah inipun juga sadar akan pentingnya kesehatan itu sehingga memerlukan tempat pelayanan kesehatan, namun sayangnya di daerah ini belum terdapat tempat pelayanan kesehatan yang mudah di jangkau. Apabila masyarakat ingin berobat atau sekedar berkonsultasi kepada petugas kesehatan, warga harus menempuh jarak yang agak jauh dari tempat tinggal mereka. Jarak ini terkadang membuat warga menjadi kembali acuh akan kesehatan, mereka tidak menghubungi petugas kesehatan atau mengunakan tempat pelayanan kesehatan sebelum mereka benar-benar sakit yang tidak bisa mereka tahan lagi atau setelah sakit yang mereka alami terjadi lama, sehingga setelah menggunakan tempat pelayanan kesehatan mereka sudah dalam keadaan sakit yang sudah dalam stadium lanjut. Sehingga terkadang penanganan penyakit itu menjadi terlambat atau tidak bisa di sembuhkan lagi. 

Oleh karena itu saya ingin membagun suatu tempat pelayanan kesehatan yang lebih mudah dijangkau oleh warga sehingga warga dapat lebih mudah menjangkau tempat pelayanna kesehatan dan di harapkan warga dapat mencegah kemungkinan penyakitnya menjadi lebih parah atau untuk mengurangi kemungkinan komplikasi yang dapat ditimbulkan. Tingkat kesehatan warga akan meningkat dan seiring dengan itu kesejahteraannya juga akan meningkat pula. 

B. Visi, Misi, Maksud dan Tujuan
Visi : Menyehatkan masyarakat dan memasyarakatkan kesehatan
Misi :
1. Sebagai tempat masyarakat untuk mengkonsultasikan masalah kesehatan yang mereka alami.
2. Sebagai mitra Pemerintah dalam memberikan pelayanan prefentif dan kuratif serta rehabilitatif.
3. Sebagai wujud pengabdian pada masyarakat dengan ikut serta dalam usaha warga untuk meningkatkan derajad kesejahteraan melalui peningkatan kesehatan. 
4. Menjalankan pengobatan sesuai prosedur, berkualitas dan dapat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat.
5. Memberikan pelayanan medis dasar yang berbasis Murah Terjangkau

Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan Balai Pengobatan dan Rumah Bersalin Anjar Gigih Dewanto adalah :
1. Meningkatkan derajat kesehatan jasmani dan rohani.
2. Meningkatkan dan memberdayakan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang paramedic
3. Meningkatkan kehidupan social ekonomi
4. Memerikan pelayanan kepada masyarakat dalam idang kesehatan.

C. DATA BALAI PENGOBATAN 
1. Nama Perusahaan :  Balai Pengobatan ANJAR GIGIH DEWANTO
2. Bidang Usah a :  Balai pengobatan
3. Jenis Produk / Jasa :  Memberikan pelayanan kesehatan kepada  masyarakat
4. Alamat         :  Desa Jogonalan Kidul Kec. Tirtonirmolo, Kab. Bantul
5. Nomor Telepon :  08978858995
6. Nomor Fax :  0274385363
7. Alamat E-mail         :  anjargigihdewanto@gmail.com
8. Situs Web         :  www.ghivhie.blogspot.com 
9. Bank Perusahaan :  Bank Syari’ah Mandiri 
10. Bentuk Badan Hukum : Yayasan ANJAR GIGIH DEWANTO
11. Nomor Akte Pendirian
12. N P W P                
13. Waktu Pembangunan : Bangunan sudah selesai dibangun tahun 2010

D. BIODATA PEMILIK / PENGURUS
1. Nama : Anjar Gigih Dewanto, S.E.
2. Jabatan : Direktur utama
3. Tempat dan Tanggal Lahir : Bantul, 27 oktober 1987
4. Alamat Rumah : Jogonalan Kidul Kasihan Bantul
5. Nomor Telepon : 08978858995
6. Nomor Fax : 0274385363
7. Alamat E-mail : anjargigihdewanto@gmail.com
8. Pendidikan Terakhir : Sarjana Ekonomi
9. Pengalaman Kerja : Owner Bimbel Privat        

II.  ASPEK SUMBERDAYA MANUSIA
Balai pengobatan ANJAR GIGIH DEWANTO  memiliki tenaga kerja yang terdiri dari
1. Dokter penanggung jawab
2. Dokter jaga
3. Manager
4. Perawat profesional 1 orang
5. Cleaning service 1 orang ( merangkap menjadi penjaga malam)

A. STRUKTUR ORGANISASI
STRUKTUR ORGANISASI PANITIA PENDIRI RB & BP ANJAR GIGIH DEWANTO KEC. KASIHAN KAB. BANTUL

Penanggung Jawab : Yayasan ANJAR GIGIH DEWANTO Bantul
Ketua : H. Sayito, S.Pd.
Wakil Ketua : Anwar, S.I.P.
Sekretaris : Ervita Sari Prasetyowati, Amd. Keb.
Bendahara   : Tegar Waskito, S.Pd.
Bidang Medis   : dr. Rista Ria
Bidang Humas     : Drs. H. Mahwudz Rokhim, S.Pd.I
Bidang Pembangunan     : Solehuddin, S.Pd. 
Bidang Pengembangan     : H. Ari Pranowo
Bidang Perlengkapan     : Hj. Frida Lisdewati

B. Susunan Tugas Operasioal
1. Direktur 
•    Bertugas sebagai pemimpin dari Balai Pengobatan tersebut, agar segala macam kegiatan yang direncanakan dapat tercapai dan dapat mencapai sasaran.
•    Mengatur dan bertanggung jawab terhadap kinerja bawahannya.
•    Donatur tetap setiap acara yang diadakan Balai Pengobatan

2. Manager
•    Menentukan dan mengatur pembagian tugas karyawan.
•    Merumuskan pokok-pokok kebijaksanaan dalam bidang produksi/pelayanan, pemasaran, dan keuangan.
•    Bertanggung jawab dalam menyeleksi tenaga kerja yang mau bekerja di balai pengobatan Kampoeng Sehat
•    Menjalin relasi dengan pihak lain dalam setiap kegiatan yang dilakukan balai pengobatan.
•    Mengatur pemasukan dan pengeluaran keuangan Balai pengobatan.

3. Dokter Penanggung Jawab
•    Bertanggung jawab atas semua kegiatan di Balai Pengobatan
•    Bertanggungjawab terhadap pelaksanan pengobatan
•    Berperanserta melayani pasien dalam pengobatan
•    Memberikan pelimpahan/penjelasan kerja pada bawahannya (dr. Pelaksana)
•    Melakukan kunjungan rumah ( home care)

4. Dokter Pelaksana
•    Melayani pasien sesuai tugas
•    Memberikan konseling sesuai dengan permasalahan kesehatan yang di alami pasien
•    Bergantian sif dengan dr. Penanggung jawab dalam bertugas
•    Melakukan kunjungan rumah ( home care)

5. Perawat Pofesional
•    Melakukan kunjungan rumah/homecare
•    Melakukan asuhan keperawatan
•    Mengontrol tindakan yang dilakukan oleh perawat vokasional
•    Mengatur pelaksanan kegiatan keperawatan di Balai Pengobatan
•    Bertanggung jawab atas pembukuan keuangan harian
•    Bertugas setiap hari untuk menerima pasien/administrasi
•    Memberikan obat kepada pasien berdasarkan resep dokter
•    Melakukan tindakan keperawatan pada pasien
•    Melakukan kunjungan rumah bersama perawat profesonal/dokter bila di perlukan

6. Cleaning service
•    Sebagai tenaga yang memberikan kenyamanan dengan menjamin kebersihan ruangan Balai pengobatan 
•    Membersihkan peralatan dan Balai Pengobatan
•    Sebagai penjaga malam balai pengobatan

III. ASPEK PASAR ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
a)    PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN KEUNGGULAN YANG DIMILIKI
Produk yang kami jual adalah pelayanan kesehatan yang diberikan pada masyarakat. Keunggulan dari balai pengobatan kami adalah pelayanan kesehatan dilakukan oleh dokter yang profesional dan memiliki Surat Ijin Praktek yang bekerja pada jam praktek. Selain itu balai pengobatan ANJAR GIGIH DEWANTO juga melayani pembelian Khitanan dan konsultasi KB, yang akan dilayani oleh perawat yang jaga maupun dokter jaga setiap hari.

b)    GAMBARAN PASAR DATA PENGHASILAN PASIEN BERKUNJUNG (1 – 5 TAHUN YANG AKAN DATANG)
Penurunan atau kenaikan pasien yang berkunjung biasanya disebabkan oleh cuaca, hari biasa/ hari keagamaan, dll. Dan biasanya kenaikan jumlah pasien yang berkunjung terjadi pada hari raya keagamaan, hal ini terjadi karena arus mudik. Selain itu perubahan cuaca yang terjadi juga menyebabkan kondisi kesehatan masyarakat bisa terganggu, dan mereka berkunjung ke balai pengobatan.

KEGIATAN PEMASARAN DAN PROMOSI YANG AKAN DILAKUKAN PERSONAL SELLING
Personal selling adalah interaksi antar individu, saling bertemu, muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai dan mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain. Di klinik sehat sejahtera, kami melakukan personal selling dengan cara pelayanan yang diberikan dokter kepada pasien dilakukan semaksimal mungkin dan menggunakan bahasa komunikasi yang santun dan ramah tamah. Selain itu pasien selalu diberi kontrak agar kembali berobat di klinik apabila sakit yang diderita belum sembuh atau obat yang dikonsumsi habis, dan juga apabila akan dirujuk ke rumah sakit. Dan hasilnya sebagian pasien banyak yang kembali berobat di klinik Sehat Sejahtera 

BROSUR
Kami telah membuat brosur yang berisi ajakan pada masyarakat agar berobat di balai pengobatan sehat sejahtera, selain itu kita juga memasang papan nama balai pengobatan kita di depan klinik dan juga kami mencetak plastik pembungkus obat yang diberi nama balai pengobatan kami, dan hasilnya banyak yang berkunjung ke klinik balai pengobatan sehat sejahtera.

FASILITAS
Fasilitas yang akan kami dirikan guna mendukung kemajuan balai pengobatan ini hádala sistem pendaftaran yang diatur menggunakan sistem komputerisasi, sehingga pasien yang sudah terdaftar data kami simpan untuk riwayat kesehatan. Selain itu, kami merencanakan area bermain anak-anak sebagai media penghibur bagi pasien yang berobat ke Balai pengobatan Kampoeng sehat.

KEMITRAAN
Kemitraan disini hádala bekerja sama dengan para tukang ojek. Angkutan didaerah balai pengobatan ANJAR GIGIH DEWANTO Sangat minim, sehingga kami menggalang verja sama dengan para tukang ojek agar setia mengantarkan pasien berobat ke balai Pengobatan Kampoeng sehat. Bonus yang kami casi pada tukang ojek adalah Rp. 5000/ pasien yang diantar keBP. Kampung Sehat.
c)    TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU
Target utama yang dituju adalah masyarakat yang berada disekitar lingkungan Sdr. Anjar Gigih Dewanto mencakup Kecamatan Kasihan dan Kecamatan Sewon.
d)    PROYEKSI KUNJUNGAN PASIEN
Diperkirakan dari bulan pertama sampai bulan ke-12 akan selalu mengalami peningkatan pendapatan, pertama karena nama balai pengobatan yang mulai terkenal, selanjutnya karena kebutuhan masyarakat akan kesehatan yang semakin meningkat, dll.

STRATEGI PEMASARAN
•    Dengan memasang sepanduk di tempat – tempat umum yang setrategis.
•    Bekerja sama dengan kelompok PKK di setiap desa untuk mempromosikan ke masyarakat
•    Melakukan kunjungan rumah guna melihat perkembangan pasien yang pernah berobat
•    Berperan serta dalam kegiatan POSYANDU
•    Memberikan sofenir buat anak-anak yang sunat
•    Ruangan menggunakan pendingin Ac
•    Area klinik menggunakan fasilitas Hot Spot, agar warga pedesaan pun mampu mengakses internet.
•    Bekerja sama dengan tukang ojek yang mengantarkan pasien dengan memberikan komisi sebesar Rp. 5000 / pasien yang diantarkan.
•    Pendataan pasien menggunakan sistem komputerisasi

ANALISIS PESAING- PESAING
IV.   ASPEK FIANASIAL/MODAL
1. Rehabilitasi Gedung = Rp 300.000.000
2. Perijinan                                 = Rp   13.000.000
3. Biaya pegawai                             = Rp     5.000.000
4. Sarana Prasarana (etalase, kursi&meja) = Rp     7.500.000
5. Oxigenasi                                 = Rp     2.000.000
6. Alat bedah minor 3 set@175.000         = Rp        525.000
7. Standar infus 1 buah                         = Rp        150.000
8. Sterilisator 1 buah                         = Rp     1.000.000
9. Tensi Meter air raksa 2 @ 500.000      = Rp     1.000.000
10. Tensi meter biasa 1 @ Rp.125.000    = Rp        125.000
11. Termometer Air raksa 2 buah @ 8.000   =Rp           16.000
12. Kartu rawat jalan 1000 lbr                  = Rp        150.000
13. Tempat sampah 5 buah                       = Rp        125.000
14. Cauter                                 = Rp     2.000.000
15. obat-obatan                             = Rp     5.000.000
16. Alat tulis kantor                             = Rp        200.000
17. Kasa gulung                             = Rp          50.000
18. Lampu philip 4 buah @ 30.000         = Rp        120.000
19. Keset 2 buah @ 15.000                     = Rp          30.000
20. Lap tangan 3 buah @ 10.000           = Rp          30.000
21. Jam dinding 1 buah                 = Rp          50.000
22. Sepuit 3 dus @ 100.000                   = Rp        300.000 
23. Alcohol, betdin dll                       = Rp        500.000
24. Biaya promosi                       = Rp     2.000.000 
25. Alat tes gol darah,AS urat & kolesterol   = Rp     1.000.000
26. Ac 2 @ 2.000.000                 = Rp.    4.000.000
27. Seperangkat Komputer          = Rp.    4.000.000
28. Jaringan internet                     = Rp.    2.000.000
TOTAL           = Rp.333.071.000

A.    Denah ruangan Balai Pengobatan 
(gambarlah denah pemetaannya)
keterangan:
R1. Ruang periksa R2. Ruang tindakan
R3. Tempat cuci tangan R4. Meja administrasi
R5. Lemari Obat R6. Tempat Kartu rawat jalan pasien
R7. Ruang Tunggu Pasien/antrian R8. Wc/kamar mandi
R9. Arena bermain anak R10. Komputer

B. Alur Pelayanan 
1. Pendaftaran/administrasi
2. R. Tunggu
3. Ruang periksa/ tindakan
4. Penerimaan obat
5. Konseling
6. Pembayaran administrasi

V.  Aspek Aksesibiliti
A.  Balai pengobatan ANJAR GIGIH DEWANTO melayani:
1. KB
2. Pemeriksaan Umum
3. Sirkumsisi laser
4. Persalian
5. Konsultasi kesehatan/remaja
6. Laboratorium (guladarah, AS urat, kolesterol dan golongan darah)
7. Tindakan medis dasar
8. Pelayanan Gawat darurat sederhana (hecting, perwatan luka, insisi, eksisi jaringan lypoma)
9. Pemeriksaan kesehatan /surat keterangan dokter

B. Tarif per pasien yang berobat 
1. Administasi   Rp       5.000
2. Sirkumsisi             Rp   300.000
3. Kb 
a. Suntik 1 bulan Rp     20.000
b. Suntik 3 bulan       Rp     30.000
c. Pil               Rp     15.000
4. Konsultasi           Rp     15.000
5. Surat keterangan sehat Rp 5.000
6. Laborat Rp     35.000
a. Gula darah Rp     25.000
b. Asam urat Rp     25.000
c. Gol darah             Rp     15.000
d. Kolesterol            Rp     25.000
7. Perawatan luka     Rp     40.000
8. Berobat                Rp    30.000 
9. Hecting up            Rp     80.000
10. Hecting               Rp   100.000

VI. Aspek social
Balai pengobatan ANJAR GIGIH DEWANTO juga akan membantu masyarakat sekitar agar dapat meningkatkan derajad kesehatan mereka dan membantu warga kurang mampu agar tetap bisa merasakan pelayanan kesehatan dengan biaya yang mereka dapat menjangkaunya. Balai ini juga turut serta dalam upaya-upaya promotif untuk mencegah terjadinya penyakit tertentu pada masyarakat dengan menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih.
Masyarakat sumber sebagaian besar adalah petani lahan dan peternak. Perekonomian masyarakatnya pun berkecukupan namun masih ada juga warga yang tergolong miskin. Tempat tinggal mereka masih ada yang berlantai tanah dan dindingnya dari papan atau kayu.Pada umumnya warga sudah tidak terlalu memegang erat budaya dan adat istiadat jawa yang masih mengikat masyarakat, termasuk budaya yang berlawanan dengan pengobatan pada tim medis. Seperti orang hamil tidak boleh makan yang amis-amis. Namun karma sangat minimnya tempat pelayanan kesehatan sehingga banyak dari mereka yang hanya menggunakan sarana pengobatan tradisional seperi dukun, kiyai, jamu dll, dalam mencari pengobatan akan tetapi hal ini bukan berrarti adalah cara mereka menolak berobat ke pelayanan kesehatan.

VII.   Analis Fiancial
1. Biaya total
Total modal awal usaha untuk mendirikan Balai Pengobatan ANJAR GIGIH DEWANTO kurang lebih adalah Rp 350.571.000
 2. Pegeluaran/bulan
a. Gaji
• dr. penanggung jawab    Rp    300.000
• dr. pelaksan             Rp 1.000.000
• Perawat provesonal       Rp    900.000
• Perawat vokasional        Rp    700.000
• Bidan                 Rp    900.000
• Cleaning service             Rp    300.000
b. Listrik                     Rp    200.000
c. Alat habis pakai            Rp    800.000
d. Obat-obatan                 Rp 2.000.000
e. Plastik obat                 Rp      20.000
f.  Alat tulis                 Rp      20.000
g. Telpon                     Rp    100.000
h. Akses internet               Rp.   350.000
Total                             Rp 7.490.000

3. Income/bulan
Bila program yang di rencanakan dapat terlaksana dengan biak, dengan perkiraan pasien berobat sekitar 20 pasien per hari dengan beraneka ragam pelayanan dengan tarif minimal Rp 15.000/pasien berobat sakit, maka income per bulan dengan rincian sebagai berikut:
a. Tes gula darah 6 org                 Rp      150.000 
b. Tes Asam urat 8 org                 Rp      200.000
c. Cek gol darah 5 org                 Rp        75.000 
d. Cek kolesterol 7 orang                 Rp      175.000
e. Pasien berobat sakit 407 org         Rp 15.210.000
f. KB 48 orang                     Rp   1.020.000
g. Sirkumsisi 4                     Rp   1.200.000
h. Pasien dengan tindakan medis 14 Rp   2.000.000
i. Pasien Partus 1 org                 Rp      900.000
Total                         Rp 20.930.000

4. Profit
ñ = TR – TC
ñ = Profiet
TR = total refenyu
TC = total Cost 
Pemasukan per bulan = Rp  20.930.000
Pengeluaran per bulaan = Rp   7.490 .000
Jadi keuntungan bersih yang diperoleh per bulan dari Balai Pengobatan ANJAR GIGIH DEWANTO sekitar Rp. 13.440.000, bila penghasilan yang di peroleh seperti tersebut diatas maka dalam jangka waktu 36 bulan sudah mampu mengembalikan modal awal usaha yang sebesar Rp 350.571.000

Jogonalan Kidul, 09 Juli 2012
Yayasan ANJAR GIGIH DEWANTO

         Ketua           Sekretaris



Anjar Gigih Dewanto, SE.        Ervita Sari Prasetyowati, Amd. Keb.

Contoh MC Syawalan

Assalammu'alaikum Wr. Wb

Innalhamdalillah Nahmadzuhu Wanasta'inuhu Wana'udzubillahiminsururianfusina Wamin Sayyiaatia'malina Mayahidillahu fallaamudhilallah Mamayyuddil Falla haadiallah, Asyhadualla illaahailallah wa asyhaduala muhammadan abduhu warosulluhu laa nabiaba'dah.

Yang kami hormati bapak kepala Dukuh
Yang kami hormati bapak ketua RT
Yang kami hormati Tokoh-Tokoh masyarakat
dan Hadirin yang berbahagia

Pertama-tama marilah senantiasa kita panjatkan puji dan syukur kita atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat, Hidayah, serta InnayahNYA kepada kita semua sehingga kita msih diberi kesempatan untuk bisa menghadiri acara halal bil halal pada malam hari ini.
Sholawat dan salam semoga tetap tercurah pada junjungan Nabi besar Muhammad SAW, Para keluarganya, para sahabat-sahabat dan keluarganya, para penerusnya Insya Allah pada kita semua yang selalu menanti syafa'atnya di akhir Zaman. Aaamiin.

Perkanankanlah saya berdiri disini untuk membawakan acara pada malam hari ini. Sebelum acara kita mulai akan saya bacakan susunan acara pada malam hari ini.

  1. Pembukaan
  2. Kallam illahi, yang nanti akan di kumandangkan oleh Saudara Anjar Gigih Dewanto. Insya Allah.
  3. Sambutan dari ketua panitia, yang nanti akan dibawakan oleh Bapak Abdullah Iskandar.
  4. Sambutan dari kepala dukuh, yang nanti akan dibawakan oleh Bapak Sardjimin
  5. Acara inti syawalan, dalam sesi ini akan dibacakan ikrar-ikrar perwakilan dari anak, Ibu dan Bapak, yang kemudian nanti akan di terima  oleh sesepuh untuk melebur semua kesalahan agara di hari yang fitri ini kita semua bisa kembali fitrah. Aamiin.
  6. Acara berikutnya yang keenam adalah pengajian, Insya Allah akan di isi oleh Ustadz K.H. Muh. Adab.
  7. Lain-lain.
  8. Penutup yang dilanjutkan dengan berjabat tangan.
Melangkah acara yang pertama adalah pembukaan. Marilah acara halal bilhalal pada malam hari ini kita buka dengan membaca basamallah bersama-sama. Bissmillahirrohmaanirrohiim.

semoga dengan lafadz basmallah tadi acara yang terselenggara pada malam hari ini bisa berjalan lancar samapi akhir acara. Aamiin.

Baiklah, untuk acara berikutnya adalah kallam illahi. Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 150 - 157 akan di kumandangkan dan dilantunkan oleh Saudara Anjar Gigih Dewanto. Kepada saudara Anjar Gigih Dewanto waktu kami persilahkan.

Subhanallah.. Allahu Akbar.. Indahnya  Qur'an yang keasliannya akan tetap terjaga sampai hari kiamat kelak.

Menginjak acara yang ketiga adalah sambutan dari ketua panitia.  Kepada bapak Abdullah Iskandar waktu dan tempat kami persilahkan.
Terima kasih kami ucapkan kepada ketua panitia yang telah berkenan memberikan saepatah katanya. Semoga apa yang telah disampaikan menjadi sebuah informasi yang bisa kita terima faktanya. Aamiin

Selanjutnya acara yang ke 4 adalah sambutan dari Kepala Dukuh  selaku pemimpin kampung tercinta ini. Kepada bapak Sardjimin waktu kami persilahkan.
kami ucapkan Terima kasih  kepada kepala Dukuh yang telah berkenan memberikan sambutan. Seperti apa yang telah beliau sampaikan bahwa kerukunan antar umat beragama ini senantiasa selalu kita jaga agar kehidupan dan suasana kampung kita ini bisa selamanya aman dan tentram. Aamin.

baiklah, acara yang berikutnya adalah ikrar dari Anak, Ibu, bapak dan langsung nanti diterima oleh sesepuh kampung kita ini.

Baiklah acara ikrar sudah kita saksikan, semoga kita semua kembali ke Fitrahnya dan semoga kita semua tetap dalam hal perdamaian tanpa adanya saling bermusuhan.

Selanjutnya acara selanjutnya adalah pengajian inti yang akan di isi oleh Ustadz K.H. Muh. Adab. Kepada bapak Ustadz kami persilahkan.
Kami ucapkan banyak terima kasih kepada bapak ustadz yang telah berkenan memberikan tausyiahnya. Semoga amal beliau dan kita semua yang mendengarkan mendapat pahala dari Allah SWT. Aamiin.

Cara selanjutnya adalah acara lain-lain. Mungkin bagi para hadirin yang ingin menyampaikan apa yang menjdi ide atau gagagsan bisa disampaikan pada kesempatan ini kami persilahkan.
Acara pamungkas adalah penutup. Namun perlu saya ingatkan bahwa setelah acara ini kita tutup nanti dilanjutkan langsung dengan berjabat tangan sambil mengumandangkan sholawat Nabi.
Baiklah, demikian acara yang bisa saya bawakan, banyak kata yang salah saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Marilah acara pada malam hari ini kita tutup dengan membaca Hamdallah bersama-sama. Alhamdulillahirobbil'alamiin.
Akhirul kalam.. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 


Semoga bermanfaat.
Informasi Public Speaking bisa hubungi 08978858995

Tips Mengobati Sakit Hati Karena Putus Cinta

Hallo sobat bloger mania. Kali ini Ghivhie ingin berbagi Tips Mengobati Sakit Hati Karena Putus Cinta. Bagi kaum remaja ini mungkin sangat identik dan lagi merasakannya. Tapi tidak menutup kemungkinan kaum Om-om / Mbak-Mbak pun yang masih lajang alias bujang juga masih merasakan hal yang sama seperti para kaum Remaja diatas.
Putus Cinta memang sangat menyakitkan, apalagi jika kita sudah bener-bener serius menjalin hubungan itu. Ketika putus, wuuuuuch pasti sakiiit banget hati ini. Bahkan kalo pikiran kita tidak jernih bisa-bisa hal-hal yang negatif bisa mengalahkan pikiran rasional kita.Melampiaskan dengan perbuatan yang negatif sering dilakukan saat putus cinta. Nah maka dari itu Ghivhie ingin berbagi tips mengatasi sakit hati karena putus cinta agar bisa lebih bijak menyikapinya. Informasinya, mari kita kupas satu-per-satu. Check it look...

Ketika Putus Cinta pasti yang terkena lebih dulu adalah perasaanya. Betul gak? bicara yang realita & yang simple-simple aja. Yang namanya rasa kalo udah di usik pasti akan mempengaruhi emosional jiwa dan terlihat kearah perilaku. So, rata-rata orang yang lagi putus cinta itu sangat unik kalo boleh saya bilang. Tau kenapa? liat aja perilakunya pasti aneh-aneh. Ada yang ngeluh terus sama sahabatnya, ada yang menyendiri, ada yg melampiaskan ke hal negatif (dugem, mabok, pelarian dll), ada yg lebih mengerikan lagi yakni sampai ke hal bunuh diri. Na'udzubillahimindzalik. Ingatlah kawan-kawanku, Allah SWT itu telah merencanakannya semua. Yang ada kita hanya bisa terus berdo'a dan terus berusaha untuk selalu bermunajat kepadaNYA. Pasti akan indah pada waktunya. Aamiin

Cinta terkadang membuat si pemain cinta seakan-akan larut didalamnya. Sebenernya kita tidak harus larut didalam Cinta, namun kita bisa mengendalikan cinta. Arti Cinta sangatlah luas. Tergantung bagaimana kita melihatnya dari sudut pandang yang paling baik.

Cinta itu muncul dengan sendirinya tanpa adanya paksaan maupun skenario. So jika kalian lagi bertengkar atau putus dengan pasanganmu, misal begini, ketika kamu putus ama pasanganmu padahal kamu masih sangat cinta, namun pasanganmu tidak/belum mau untuk diajak balikan pacaran, So, kamu harus bisa mengendalikannya. Maksudnya jangan kamu paksa pacar kamu itu untuk bisa kembali ke kamu. Jika kamu terus memaksa, maka jangan heran jika pacarmu itu justru malah akan semakin jengkel, benci bahkan malah tidak akan mau kembali kepadamu. Saran dari aku, diamkan sampai beberapa waktu jangan sering SMS, BBM, apalagi telpon. Biarkan saja. sambil kita melakukan instropeksi diri kita masing-masing. Kalau dia masih cinta, pasti akan kembali kepadamu. Tetapi kalo dia memang dah gak cinta kamu pasti juga akan lebih mengerti karena kalo kamu cinta sedang dia tidak, sama aja nyiksa hatimu mas bro. Kalo memang jodoh pasti akan kembali. inget itu ya....

Pengalaman bagi para pasien-pasien yang konsultasi dengan saya, mereka putus cinta karena masalah yang itu-itu aja. Karena dibohongi, Diselingkuhi, bosen, tidak cocok, dan lain sebagainya. Hal-hal semacam itu sering terjadi dikalangan para pacarnisti mania yang sedang melakukan penjajakan hubungan untuk bisa dibawa ke arah yang lebih serius yaitu pernikahan. Bahkan dalam ISLAM tidak dianjurkan untuk pacaran seperti gaya trend anak muda zaman sekarang. Karena hal tersebut akan lebih mendorong ke arah zina.

Tips mengobati hati yang sedang putus Cinta (Obat Hati) sangat lah mudah. Dan sering kita nyanyikan. Obat hati itu ada 5 perkaranya.
  1. Baca Qur'an dan Maknanya
  2. Sholat Malam Dirikanlah
  3. Berkumpulah dengan orang Sholeh
  4. Perbanyaklah Berpuasa
  5. Dzikir malam diperpanjang
Insya Allah Allah ta'ala mencukupi. Aamiin
Pengalaman yang sudah -sudah mereka merasakan tentram ketika telah melakukan salah satu diantara 5 perkara tersebut diatas. Apalagi kalo kita bisa melakukannya semuanya. Wuh, subhanallah kita bisa lebih menjad manusia yang dalam keadaan beruntung. Insya Allah.

Jadi kesimpulan kali ini, jika kalian patah hati, ingatlah tentang tanda-tanda orang beriman.  Orang yang beriman TIDAKLAH mengejar 3 prahara yaitu Harta, Tahta, dan Wanita. 
Demikain cerita kali ini, lain waktu akan saya infokan tips-tips yang lainnya. Ingin konsultasi silahkan hubungi saya di No. HP 08978858995, PIN BB: 282D377C.
 Semoga bermanfaat.