CARA PERPANJANG STNK DI SAMSAT

Semangat Pagi,
Kantor Bersama Samsat di Bantul Yogyakarta
Kali ini saya ingin memposting tentang CARA PERPANJANG STNK DI SAMSAT. Ini merupakan Pengalaman saya pribadi ketika saya mengurus perpanjangan STNK motor kesayangan saya, tepatnya di Kantor Bersama SAMSAT Jalan Parangtritis km.5 Sewon Bantul Yogyakarta. Berikut Cara Perpanjang STNK di SAMSAT:

SYARAT-SYARAT PERPANJANGAN STNK:
  1. BPKB Asli
  2. STNK Asli
  3. Kartu Identitas Asli (KTP/SIM/KTM)
  4. Foto Copy BPKB
  5. Foto Copy  STNK
  6. Foto Copy  Kartu Identitas
Note:
Di Kantor SAMSAT biasanya ada warung FotoCopy. Temen-temen tinggal siapkan saja Berkas Asli (point 1 - 3), nanti Si Pemfoto Copy sudah paham dan cekatan. STNK, BPKB, IDENTITAS di FOTOCOPY bareng jadi satu lembar, trus dipotong-potong & diklip jadi satu lagi. Mudah banget dan praktis banget. Tinggal bilang kepada tukang foto copy "Mas/Mbak buat syarat Perpanjang STNK ya ..." dah gitu aja rebes bos.

Berikutnya.... ketika syarat sudah dipersiapkan, segera masuk dalam ruang/gedung SAMSAT, nah disitu temen-temen harus mengurutkan langkah-langkahnya sebagai berikut:

1.  Cari Loket I ( Pendaftaran )
Loket I Pendaftaran
Disini temen-temen menyerahkan berkas-berkas/persyaratan yang telah saya tulis diatas. Tunggu sejenak sebentar, karena BPKB asli langsung dikembalikan ketika petugas sudah mencocokan data sesuai BPKB asli dengan Foto Copy-nya.

2.  Duduk Ruang Tunggu Untuk Menunggu Panggilan untuk Pembayaran
Di sesi ini temen-temen tidak usah kuatir akan lama prosesnya. Perpanjangan STNK yang saya alami di SAMSAT  Jalan Parangtritis km.5 Sewon Bantul Yogyakarta SANGAT CEPAT SEKALI. Saya hanya menunggu ± 5 menit saja.

3.  Membayar Sesuai Pajak Kendaraan di Loket II / III
Temen-temen membayar pajak STNK sesuai dengan jenis kendaraan masing-masing. Kebetulan motor saya Vixi tahun 2010 kena/membayar Rp 255.000. Untuk Vario Rp 225.000. Dan motor yang lain bisa disesuaikan bergantung CC dan tahun produksi kendaraan tersebut.

4.  Duduk Ruang Tunggu Untuk Menunggu Panggilan untuk Pengambilan STNK
Nah disini temen-temn hanya membutuhkan waktu ± 3 menit saja. Karena pada sesi ini setelah saya membayar di loket III, baru mau balas sms aja, eh udah di panggil untuk pengambilan STNK. mantaph dah pelayanannya.
Menunggu proses panggilan Pembayaran dan pengambilan STNK
5. Ambil STNK di Loket IV
Akhirnya klar juga mas bro. Disesi ini tugas anda untuk memperpanjang STNK sudah selesai. Mudah bukan? Cepat singkat dan woooooow. 

Nah, ulasan diatas semoga membantu temen-temen semua yang ingin mengurus perpanjangan STNK sendiri tanpa melewati Biro. 

Untuk Informasi BIRO STNK di wilayah Bantul Yogyakarta bisa hubungi admin Blog ini.
Biaya cuma Rp.65.000,-.

Semoga bermanfaat.

Salam Sukses buat anda semua.. Aamiin