Tips Membeli Blackberry Baru / Bekas

Maraknya penjualan Blackberry membuat banyak orang tergila-gila, ya itulah Indonesia, yang mayoritas penduduknya membeli barang dengan dasar keinginan, trend, dan gengsi.
Pasar yang menggiurkan ini memberi angin surga baru bagi pasar yang sudah jenuh dengan Handphone yang fiturnya tidak banyak berkembang.
Blackberry yang kembali muncul dengan harga layanan yang jauh lebih murah dibanding tahun 2004 dan harga layanan negara-negara lain menjawab tantangan baru dalam dunia gadget.

Pengertian Yang Harus dipahami Terlebih Dulu:
Nokia, Sony Ericsson, Siemens, Motorola, Samsung, LG, dkk
Adalah HANDHELD yang ditujukan untuk telpon dan SMS,    yang dibalut dengan fitur Musik, Office dan E-mail. Fitur Utamanya adalah TELEPON & SMS.

I-Phone
Adalah HANDHELD yang ditujukan untuk multimedia (video, Music, Internet), dengan visual graphic dan pengalaman sentuh yang memukau. Fitur Utamanya adalah Multimedia.

Blackberry
Adalah HANDHELD yang ditujukan untuk E-mail, yang dibalut dengan fitur telepon, SMS, Multimedia, yang tingkatannya standard.
Karena E-mail Based, Blackberry memiliki network based yang bisa digunakan secara mudah untuk bekerja sama dengan Social Network seperti YM, Facebook, G-Talk, MSN Msgr, dll.
JELAS Bahwa Blacberry Bukan Handphone
Blackberry Adalah BLACKBERRY

Cara Membeli Blackberry  Sangatlah Mudah, dan RIM sudah mengaturnya untuk anda agar membeli Blacberry secara aman yaitu melalui rekanan operator yang mudah diawasi oleh RIM sebagai purna jual yang melayani konsumen dengan maksimal. Tapi, ada juga user yang kepingin beli BB sedikit lebih murah dibanding dengan harga dari operator, yaitu user-user yang berani repot atau user yang berani untuk tega merepotkan seller dan konsumennya. cekkkkkkkkk.... :D

Langkah-Langkah Membeli Blackberry Baru
Jika ingin membeli yang baru pilihlah toko yang anda kenal dan tentunya toko tersebut jujur, maka  Toko tersebut akan mengatakan  apakah BB tersebut BM alias Black-Market ataukah Asli Original 100% yang di impor langsung dari stock operator luar negeri (AT&T), BNIB, BB 14 Days, ataukah BB refurbished.
Langkah 1 : Cari Harga Yang Paling Pas Sesuai Kantong
Jika ingin BB baru dan Asli 100% resmi, maka kantor operator langganan anda adalah tujuan utama. Tapi jika anda ingin membeli BB yang harganya agak lebih murah maka BB BM 100% baru bisa anda pilih.

Langkah 2 : Periksa Kotak Kemasan dan Kelengkapan
Biasanya BB BM 100% baru, memiliki kotak kemasan sendiri yang bentuk dan warnanya seragam hampir disemua toko. Karena biasanya toko-toko tersebut memiliki pemasok yang sama. Carilah Blackberry BM dengan kotak kemasan yang paling meyakinkan/bagus diantara semua toko yang ada. Jika kebetulan anda membeli Blackberry dari BNIB, maka anda akan lebih mudah untuk memeriksa kelengkapannya. Blackberry original milik luar negeri (AT&T) memiliki kelengkapan khas, yaitu Box berwarna Orange dengan colokan charger yang menggunakan konektor 3 kaki/ konektor pipih. Konektor ini jelas-jelas tidak digunakan dalam standard colokan listrik di Indonesia. Kemudian sticker IMEI tertempel rapi pada box kemasan. Untuk melihat IMEI baca saja pada Balik kemasan Box, lalu periksa sticker IMEI yang ada dibalik Blackberry yang akan anda beli. (Sama seperti IMEI ponsel biasa). Stiker IMEI yang asli biasanya memiliki awalan 3 atau 2, kalau yang lama awalannya 1. Sticker asli tertempel rapi sejajar dengan slot memory dan slot MMC,.

Langkah 3 : Tanyakan Tentang Jaminan & Garansi
Tanyakan akan jaminan serta garansi dari si penjual, misal Jika Blackberry yang akan anda beli tersebut tidak dapat mengakses layanan resmi server blackberry dari operator anda,  atau bisa juga setelah anda beli BB tersebut  ketika dicoba untuk BBM ternyata PIN suspend atau masih terikat dengan IT Policy,  maka apakah anda dapat replace BB yang lain ataukah uang anda akan dikembalikan 100%. Tanyakan juga garansi resminya. TAM, RIM, dll. Tanyakan sampai tuntas diawal hingga jelas. Kalau sudah baru ke tahapan berikutnya.

Langkah 4 : Lakukan Cek Fisik Dan Keypad
Biasanya tahapan ini bisa anda lakukan ketika BB sudah anda bayar. Namun ada juga TOko/penjual BB yang jujur akan keAsliannya berani melakukan cek fisik langsung meskipun uang masih ditangan anda namun sebelumnya anda juga udah fix mau beli.  Buka, pasang batery, nyalakan. Biasanya BB yang baru pancaran layarnya terang dan tulisannya jelas. Jika anda membeli dari operator AT&T maka start-up nya juga bertulisan/log AT&T.  BB yang masih baru Keypadnya masih nyaman ditekan, lalu test aja untuk menulis SMS, E-mail dll dan hasilnya masih mantap, saatnya memeriksa waktu hidup dari BB yang akan anda beli. Masuk menu Option >>Status, lalu ketik BUYR maka akan muncul informasi text yang dimana jika Data dan Voice Usage masih 0.0 maka BB tersebut dipastikan belum dipakai sama sekali. 

Langkah 5 : Periksa Validasi PIN dan Opsi-Opsi Lainnya
Langkah ini sangat berguna sekali untuk mengetahui keaslian PIN BB anda alias PIN BB anda tidak sama dengan PIN BB lainnya. Cek langsung dengan BB anda dengan menekan tombol pada keypad alt + aA + H, maka dilayar BB anda akan muncul informasi lengkap mulai dari BB anda dari RIM, Vendor, Platform, App Version, PIN, IMEI, MAC, Uptime, Signal Strength, Battery Level, File Free, dll. dari situ anda bisa cocokan semua dengan Box kemasan. Hal ini juga sebagai acuan Asli atau Palsu BB yang akan anda beli.
Perikas Headset, camera, testphone, LCD (jgn sampai ada dead pixel)
Info:
Bold 9000 (Leather Pouch, Handsfree, Charger 3 head, Kabel Data, Kartu Garansi, Buku Panduan, Baterai) kalau ATnT tidak ada Leather Pouch, yang ada Leather Holster untuk di ban pinggang.

Javeline 8900 (Leather Pouch, Handsfree, Charger 3 head, Kabel Data, Kartu Garansi, Buku Panduan, Baterai)

KickStart 8220 (Handsfree, Charger 3 head, Kabel Data, Kartu Garansi, Buku Panduan, Baterai)

Gemini 8520 (Handsfree, Charger 3 head, Kabel Data, Kartu Garansi, Buku Panduan, Baterai)

Tour 96xx (Leather Pouch, Handsfree, Charger 3 head, Kabel Data, Kartu Garansi, Buku Panduan, Baterai)

Storm 9500 (Leather Pouch, Handsfree, Charger 3 head, Kabel Data, Kartu Garansi, Buku Panduan, Baterai)

Bold2 9700 (Leather Pouch, Handsfree, Charger 3 head, Kabel Data, Kartu Garansi, Buku Panduan, Baterai)

Storm2 9550/9520 (Leather Pouch, Handsfree, Charger 3 head, Kabel

Langkah 6 : Minta Nota Pembelian
Hal ini penting untuk jaminan Garansi BB anda.

Semoga Bermanfaat