Dasar Pemilihan Pompa


Mari membaca !!
Pada suatu jaringan pemipaan dibutuhkan suatu alat untuk menyuplai air dari sumber ke jaringan pemipaan yang akhirya nanti akan didistribusikan ke tiap unit rumah. Pemilihan pompa yang sesuai sangat dibutuhkan dan memerlukan perhatian khusus supaya distribusi air ke tiap unit rumah berjalan seperti yang diharapkan. Pemilihan pompa untuk digunakan pada suatu jaringan pemipaan harus sesuai dengan parameter-parameter tertentu pada perencanaan sistem jaringan pemipaan. Seperti besar debit yang diperlukan, besar head yang diperlukan dan juga letak dan jenis sumber air yang digunakan.
Untuk pemilihan pompa pada perencanaan sistem jaringan pemipaan di komplek citra ini, pompa yang akan dipilih harus memenuhi beberapa parameter tertentu, yaitu :
1. Debit yang dibutuhkan pada sistem jaringan pemipaan di komplek citra ini untuk tiap tahap operasinya adalah sebesar 1,4 L/s (0,0014 m3/s).
2. Pompa yang akan digunakan adalah pompa yang dapat mendistribusikan air dari sumur bor dengan kedalaman 20 m.
3. Dari analisa Epanet 2.0 besar headloss akibat gesekan sepanjang jaringan pemipaan (analisa dari pengurangan head terbesar di suatu titik di pipa cabang) adalah sebesar 0,95 m.
4. Pertimbangan ekonomis. Hal ini untuk pertimbangan pemilihan pompa yang terlalu besar karena mengingat luas jaringan distribusi yang tidak terlalu besar.
Karena pertimbangan parameter-parameter diatas maka dipilih untuk menggunakan jenis pompa jet-sentrifugal (jet-centrifugal pump), hal ini didasarkan karena sumber air yang direncanakan berasal dari sumur bor dengan kedalaman 20 m. Mengingat keterbatasan pompa sentrifugal biasa yang tidak dapat menyuplai air dari kedalaman suction lebih dari 9 meter. Dan juga karena keperluan debit yang tidak terlalu besar, hal ini sesuai dengan karakteristik pompa jet-sentrifugal yang beroperasi pada head yang tinggi dengan besar debit yang tidak terlalu besar.
Pada pemilihan pompa jet-cantrifugal pump ini berbeda dengan prosedur pemilihan untuk pompa lainnya. Hal ini dikarenakan pada jet-centrifugal pump ini terdapat komponen lain yang disebut eductor yang terletak di dalam sumur dengan kedalaman yang direncanakan. Eductor ini merupakan suatu komponen pompa yang tidak mempunyai komponen yang berputar dan diletakkan didalam sumur dengan kedalaman tertentu. Seperti dengan pompa lainnya, eductor ini mempunyai saluran masuk (suction) dan saluran keluar (discharge) air, didalam eductor ini terdapat komponen lainnya yaitu nozzle dan throat.
Normal 0 false false false EN-US X-NONE AR-SA MicrosoftInternetExplorer4
Berbeda dengan pompa jenis sentrifugal lainnya, pompa jenis ini mempunyai dua buah saluran pipa discharge yang keluar dari rumah pompa, dimana satu pipa ke jaringan pemipaan dan yang satu lagi kembali ke dalam sumur sebagai penggerak awal untuk eductor. Besar debit yang mengalir di kedua pipa tersebut disesuaikan dengan perencanaan yang diatur oleh sebuah diafragma (pengatur debit) yang terdapat pada pompa sentrifugal.
Dasar pemilihan pompa ini biasa digunakan para Mahasiswa untuk membuat laporan Tugas Akhir (TA) atau Skripsi di jurusan / fakultas Teknik Mesin. Admin Memiliki banyak Judul TA / Skripsi tentang fakultas Teknik Mesin/Industri. Untuk mendapatkan file tersebut silahkan bisa menghubungi admin Blog ini.
Terima Kasih

1 comments:

komentar anda