Tips Memperbaiki Cakram Belakang Yamaha Vixion

Semangat Pagi.. Salam Otomania.. Kali ini saya mau berbagi informasi / cerita sesuai yang saya alami tentang Tips Memperbaiki Rem Cakram Belakang Yamaha Vixion. Rem adalah salah satu komponen terpenting yang wajib diperhatiakan disemua jenis kendaraan. Apalagi para bikers yang telah memodifikasi rodanya dengan velg tapak lebar, tentunya memperhatikan brake harus diutamakan. Nah, cerita saya tu begini, motor saya kan udah saya ganti velg tapak lebar, so saya juga harus memasang rem cakram belakang. Karena saat saya pakai veleg tapak lebar kondisi untuk pengereman kurang sedikit bisa dikendalikan. Harga 1 set cakram belakang yang saya beli seharga Rp 585.000,-.  (Disk Brake Original Yamaha).
Wuich dengan perasaan bangga plus seneng akhirnya nambah rem cakram juga. hihihihihii... Alhamdulillah.
Aplikasi pemasangan pun segera dilakukan, Roda belakang dilepas, pengukuran master di ukur sangat teliti.
kurang lebih 1 jam akhirnya selesai juga dipasang. Langsung saya coba ngebut dijalan pinggir kota. Asoi Geboy kale ya. hehehehehe. Saya pakai ngerem.. awalnya memang kurang pakem, maklum masih baru. ckkkkk. baru pengereman yang ke 20 (beneran saya hitung lo) bisa kerasa pakem banget. Ihiiiirrr dilihat dari tampilannya motor saya lebih gagah. Udah fairing saya ganti, Veleg dan ban saya ganti, pasang rem cakaram belakang pula. Semakin OK dah pokoke. Apalahi pengendaranya udah mandi. Makin HoT dah. hahahahaha..
Karena saking senangnya, biasa lah motor terus di isak-isik (dilapin) biar bersih, ketika saya putar2 Roda belakang, kaget dan sempet shock ternyata sedikit nggak beres pemasangan Rem Cakramnya. Ketika diputar kaliper cakram bergerak-gerak. Akhirnya dengan cepat saya konsultasikan ke bengkel resmi Yamaha terdekat. Kata si mekanik Yamaha ketika dicek bilang kalo velgnya yang bermasalah atau sedkit oleng. Saya pun di rekomendasikan untuk ke bengkel press guna mengepress velg tapak lebar saya tersebut. Namun saya nggak langsung nurutin apa yang dikata si mekanik yamaha itu. Saya pergi ke bengkel Variasi. Sampai di sana langsung gerak cepat di tindak lanjuti. Roda kembali dicopot, disetting dan akhirnya Velg saya di bubut koternya. Katanya sih dudukan cakram tirus tidak presisi dengan lubang Velgnya. Ya udah saya nurut aja. Biaya Bubut Rp. 35.000,-.




Setelah dibubut kembali dipasang, saya harap bisa sempurna. Dan akhirnya..... teryata mendingan. hehehehe. Masih belum sempurna putarannya. Disk Brake masih mengenai/bergesekan dengan master cakram dan sedikit bergerak kalipernya. tapi. cuma dikit banget Mungkin betul apa yang dikatakan si mekanik Yamaha. Yang bermasalah Velgnya. Maklum bro, Velg juga yang medium aja. Kalo boleh kasih saran katanya yang bagus merk Chemco. Bisa sip dan presisi saat di modif dengan 1 set cakram.


Dari hal tersebut diatas, saya nekat aja tetep tak gunain buat muter-muter dan saya pakai ke kaliurang juga. Tidak ada masalah, dan bisa melakukan pengereman dengan normal. Ya masalah cuma klo posisi distandar tengah terus diputar agak ada suara berisik karena tidak presisi. Tapi entahlah. Cuek aku. Semoga gak ada masalah. Tapi saya masih punya rencana untuk datang ke bengkel press. Sapa tau bisa dibenerin dan bisa lebih baik lagi dalam perbaikan pengolengan roda dan cakram belakang Motor Yamaha Vixion saya tersebut.
Sekian. Mohon komentarnya. Hahahahaha.. Saya masih awam dan pemula.
Terima kasih.

1 comments:

komentar anda