Osteoartritis

OPERASI PENGGATIAN SENDI LUTUT & PINGGUL



Operasi penggantian sendi adalah suatu jenis operasi yang dilakukan untuk mengganti sendi yang telah menggalami kerusakan dengan sendi buatan yang disebut prosthesis.

Penyebab utama kerusakan sendi adalah osteoartritis atau pengapuran sendi, dan sendi yang paling mengalami osteoartritis adalah sendi lutut dan pinggul.



Operasi penggantian sendi ditujukan untuk:
  1. Menghilangkan sakit pada sendi yang rusak
  2. Memperbaiki lingkup gerak sendi yang telah kaku
  3. Mengembalikan kemampuan melakukan aktivitas harian tanpa rasa sakit
  4. Meningkatkan kualitas hidup dengan hidup aktif bebas dari rasa sakit

Sendi lutut merupakan sendi yang paling sering mengalami osteoartritis (pengapuran sendi). Sendi lutut dibentuk oleh tulang paha, tulang kering dan tulang tempurung. Permukaan ujung ketiga tulang pembentuk sendi lutut tersebut dilapisi leh tulang rawan.
Tulang Rawan

Pengapuran (Osteoartritis) tulang rawan
Apabila tulang rawan tersebut menipis, maka sendi diikatakan mengalami pengapuran (osteoartritis) dan, jika sedemikian berat maka pilihan pengobatan terbaik adalah operasi pergantian sendi.



SENDI BUATAN:
Sendi buatan untuk sendi lutut dari tiga komponen :
1. Komponen tulang paha (terbuat dari logam chromium-cobalt).
2. Komponen tulang kering (terbuat dari logam chromium-cobalt).
3. Pengganti tulang rawan (terbuat dari plastik polyethylene).

Sendi buatan untuk sendi pinggul juga memiliki 3 komponen dengan bahan yang kurang lebih sama dengan sendi buatan untuk sendi lutut.



LAMA MENGINAP
Pada hari ketiga atau keempat setelah operasi, mulai dilatih untuk berjalan dengan alat bantu jalan, yaitu kruk atau walker. Setelah mampu berjalan, pasien diijinkan pulang sehingga lama menginap untuk operasi penggantian sendi  pinggul/lutut hanya berkisar 5-6 hari.

SETELAH KEMBALI KERUMAH
Luka Operasi biasanya sembuh dalam waktu 7-10 hari.  Pasien lazimnya mampu berjalan tanpa alat jalan sekitar 3-4 minggu setelah operasi. Pasien diijinkan melakukan aktivitas harian seperti duduk, berjongkok, berjalan, naik tangga, bahkan berolah-raga tertentu , seperti berenang, naik sepeda atau bermain golf.





HASIL YANG DIPEROLEH
Operasi penggantian sendi lutut tidak hanya menghilangkan rasa sakit sendi dan memungkinkan pasien beraktivitas tanpa rasa nyeri, tetapi juga membuat sendi lutut yang bengkok akibat pengapuran sendi menjadi lurus kembali.



Operasi penggantian sendi merupakan pengobatan terbaik untuk sendi lutut dan pinggul yang telah mengalami kerusakan akibat pengapuran sendi.

(sumber: Brosure RS Panti Rapih Yogyakarta)

0 comments:

Post a Comment

komentar anda