Posisi Pemain Sepak Bola


Sepak Bola adalah permainan yang mana tiap tim terdiri dari 11 orang yang bermain. Setiap posisi dalam suatu formasi permainan memiliki nama dan tugas masing-masing. Posisi pemain apa saja yang terdapat dalam sebuah tim sangat tergantung dari strategi dan formasi yang digunakan oleh seorang pelatih.

Berikut Nama-Nama Posisi Pemain Dalam Sepak Bola.
Penjaga Gawang (Goal Keeper)
Tugas penjaga gawang adalah mencegah atau menghalau bola masuk ke gawang. Penjaga gawang adalah palang pintu terakhir lawan dalam usahanya memasukkan bola ke gawang. Seorang Penjaga Gawang harus memiliki kemampuan khusus seperti, refleks yang baik, postur ideal, jumping yang baik, kecepatan, insting dan kemampuan menangkap bola yang baik. Penjaga Gawang adalah satu-satunya pemain dalam suatu tim yang oleh menangkap bola dengan kedua tangan.

Pemain Bertahan (Defender)
Disebut juga dengan istilah “Bek”. Posisi pemain ini bertugas membantu penjaga gawang menghalau lawan dalam usahanya mencetak gol. Pemain bertahan terbagi lagi menjadi :
Bek Tengah (Center Back) - Bek Tengah bertugas menjaga daerah pertahanan sector tengah. Pemain ini posisinya selalu di daerah belakang. Seorang pemain Bek Tengah harus mempunyai kemampuan menyundul bola dengan baik, kecepatan, power dan juga keseimbangan tubuh yang baik.
Bek Sayap (Wing Back) - Bek Sayap bertugas sebagai menjaga daerah pertahanan bagian samping dan juga membantu serangan melalui sektor  sayap. Kecepatan adalah salah satu kemampuan mutlak yang harus dimiliki oleh seorang pemain bek sayap. 

Gelandang (Mid Fielder)
Gelandang adalah pemain yang posisinya di antara penyerang dan pemain bertahan. Sesuai posisi dan tugasnya  gelandang di bagi menjadi :
Gelandang Sayap (Side Mid Fielder ) - Gelandang Sayap bertugas sebagai pendukung tim dalam menyusun serangan. Posisinya berada di paling luar. Kemampuan yang harus dimiliki antara lain menggiring, mengumpan dan juga kecepatan.
Gelandang Bertahan (Defensif Mid Fielder) - Gelandang Bertahan disebut juga sebagai jangkar. Pemain ini bertugas sebagai pengrusak permainan lawan, menyuplai bola dari pertahanan, menghalau serangan balik. Seorang pemain gelandang bertahan harus mempunyai daya tahan tubuh yang baik karena pemain ini selalu aktif dalam menyerang maupun bertahan.
Gelandang Serang (Attacking Mid Fielder) - Gelandang Serang adalah gelandang yang bertugas memberikan dukungan atau menyuplai bola ke penyerang untuk mencetak gol.
Gelandang Tengah (Center  Mid Fielder) - Gelandang Tengah bertugas menjaga sektor tengah permainan, mengatur ritme permainan dan menyusun pola serangan. Seorang gelandang tengah haruslah pemain yang cerdik dari pada pemain lain. 

Penyerang (Forword)
Penyerang adalah pemain yang posisinya berada paling depan. Tugas utamanya adalah mencetak gol ke gawang lawan. Penyerang terbagi dalam :
Penyerang Tengah (Center Forword) - Pemain ini bertugas hanya sebagai pencetak gol.
Penyerang Bayangan (Second Forword) - Pemain ini berada dibelakang penyerang murni dan mempunyai tugas memberikan umpan akurat kepada penyerang murni, membuka pertahanan lawan, mengupayakan gol untuk timnya.
Penyerang Sayap (Wing Forword) - Penyerang sayap berfungsi selain mencetak gol juga membantu serangan dari sektor sayap dengan memberikan umpan-umpan kepada penyerang murni serta membuka ruang untuk penyerang murni agar dapat mencetak gol.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

komentar anda

IKLAN HARI INI

Untuk infomasi Jual-Beli Tanah dan Rumah di JOGJA, silahkan bisa menghubungi :
HP : 08978858995
PIN BB : 282D377C
Dijamin Syari'ah dan Barokhah. Insya Allah.