Sedekah Membuat Kaya

Sesungguhnya sedekah seseorang walau hanya sesuap, akan dikembangbiakkan oleh-Nya seperti gunung, maka bersedekahlah. (HR. Bukhari dan Muslim)

Sepasang suami-istri itu merasa galau, gundah-gulana. Kekayaan berlimpah yang mereka miliki ternyata tidak membuat mereka merasa bahagia. Hati mereka senantiasa gelisah.

Suami istri inipun mengambil keputusan yang tergolong nekat. Mereka memberikan hampir semua hartanya untuk mereka sedekahkan di jalan Allah. Hanya satu tujuan mereka, ingin hidup tenang dan tidak terbelenggu dengan nikmat duniawi. Mobil dan beberapa harta berharga lain mereka jual dan mereka sedekahkan. Mereka tidak takut akan kelaparan karena mereka yakin Allah SWT pasti akan memberikan jalan terbaik.

Alih-alih harta berkurang, apalagi menjadi miskin, setelah bersedekah, suami-istri itu malah bertambah kaya. Hartanya bertambah, berlipat-lipat! Kini mereka mempunyai dua perusahaan besar. Perusahaan yang dulu dijual untuk disedekahkan, seakan-akan digantikan dengan dua perusahaan yang jauh lebih besar!

Kisah nyata suami-istri yang menolak disebut namanya itu hanyalah satu dari sekian kisah nyata hikmah dan berkah sedekah. Sangat banyak kisah serupa, menunjukkan bagaimana sedekah mengunduh berkah bertambahnya rezeki, kemuliaan, dan ketenangan jiwa. Jika kita "Googling" dengan kata kunci "sedekah", maka, puluhan, ratusan, bahkan ribuan tulisan berisi testimoni atau pengalaman nyata keberkahan sedekah pun muncul. Intinya, sedekah benar-benar mendatangkan rezeki berlipat (kekayaan).

Kita kian yakin, Mahabenar Allah dengan segala firman-Nya, karena dalam ragam ayat dan hadist, Dia memang menjanjikan "pahala berlipat" bagi siapapun yang mendukung bersedekah, memberikan sebagian hartanya di jalan Allah, membantu kaum dhuafa, fakir-miskin, dan mendukung syiar dakwah dan jihad fi sabilillah. 

Sedekah disebut-Nya sebagai "pinjaman yang baik" dan pembayarannya berlipat ganda (QS. Al-Hadid:18).

Tidak hanya itu, berbagai ayat dan hadist juga menunjukkan, sedekah tidak hanya mengundang rezeki lebih banyak dan berkah, Tetapi juga membuat seseorang terhindar dari marabahaya atau bencana, kematian yang buruk, menjadi syafaat di akhirat kelak, dan banyak lagi.

Sedekah (bahasa arab: shodaqoh, shidqah) yang artinya memberikan sesuatu yang menyenangkan kepada orang lain secara sukarela (ikhlas) tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Juga berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seseorang sebagai kebajikan yang mengharap ridho Allah SWT dan pahala semata. Secara bahasa, shodaqoh berasal dari kata shidq yang berarti "benar".

Sumber: Majalah Giving Insightedisi 1|mei 2012|Jumadil Akhir-Rajab 1433 H

0 comments:

Post a Comment

komentar anda