Cara Mengatasi Vertigo

VERTIGO ??????
Ketika mendengar kata Vertigo, mungkin yang terbesit dibenak kita adalah sakit kepala. Namun tahukah bahwa vertigo bukan sekedar sakit kepala? Vertigo adalah sensasi saat kita merasa lingkungan sekitar kita berputar atau tubuh kita seolah-olah berputar padahal kita diam ditempat. Lalu, apa penyebab sensasi berputar tersebut? Mari kita simak penjelasan berikut.
Ditelinga bagian dalam terdapat tiga saluran setengah lingkaran yang berisi cairan. Ketika  kepala kita bergerak, cairan tersebut ikut bergerak dan sel-sel saraf disaluran setengah lingkaran mengirim informasi ke otak kecil. Informasi-informasi  tersebut juga digunakan untuk mempertahankan keseimbangan dan mengatur gerakan tubuh. Ketika semua sistem berfungsi dengan normal, hasilnya adalah sistem keseimbangan yang baik. Namun, ketika salah satu sistem terganggu, kita akan merasakan gejala Vertigo, antara lain ruangan terasa berputar, mual, mual, muntah, kehilangan keseimbangan, bahkan terkadang disertai berkurangnya pendengaran dan tinnitus (telinga berdering).
Dapat dikatakan bahwa ada banyak hal yang menjadi penyebab vertigo, antara lain penurunan ketajaman penglihatan, infeksi telinga, tumor telinga, kerusakan struktur dalam telinga akibat benturan kepala, dan gangguan otak (stroke). Vertigo juga dapat disebabkan oleh konsumsi terlalu banyak obat (overmedicating) dan minuman beralkhohol. Diantara berbagai penyebab yang telah disebutkan diats, kasus yang paling sering dijumpai adalah akibat gangguan pada saluran setengah lingkaran atau disebut BPPV (Benign Paroxysmal Positional Vertigo). BPPV biasanya dialami oleh pasien berusia lebih dari 60 tahun.
Meskipun Vertigo merupakan gangguan yang dapat sembuh dengan sendirinya, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter bila mengalami vertigo yang berlangsung lama dan berkali-kali, sebab kondisi tersebut mungkin merupakan gejala gangguan kesehatan yang lain.
Vertigo merupakan akibat dari ketidakmampuan seseorang dalam mengidentifikasi informasi posisi. Klasifikasi vertigo yang bermacam-macam serta tipe keluhan yang berlainan menyebabkan obat-obatan antivertigo jarang diberikan secara tunggal. Rentang waktu yang dibutuhkan untuk mengatasi vertigo juga bervariasi. Tetapi pada umumnya dengan pengobatan yang tepat pasien akan membaik dalam beberapa minggu. 
Selain mengatasi penyebab vertigo sebagian ahli medis mengutamakan terapi yang mebfhilangkan gejala-gejala Vertigo terutama pada serangan akut. Diantaranya dengan menggunakan antimuntah dan golongan penekan fungsi vestibular. Vestibular berperan pada sistem keseimbangan otak menangkap gerakan percepatan serta persepsi gravitasi. Salah satu teori menyebutkan bahwa penderita Vertigo mengalami gangguan pada sistem vestibular seperti timbul rasa mual, muntah, dan mungkin keringan yang berlebihan.
Terapi dengan obat banyak mengakibatkan golongan antihistamin yaitu turunan betahistin. Senyawa ini mampu meningkatkan sirkulasi darah ketelingan. Turunan betahistin  diantaranya betahistin mesilat dan betahistin HCL, dapat diberikan 3 kali dalam sehari secara per oral (diminum). selain betahistin, beberapa senyawa antihistamin menunjukkan aksi sebagai antivertigo, seperti dimenhidrinat, meksilin, dan siklisin. Sayangnya, jenis obat ini kebanyakan memberikan efek mengantuk.
Golongan antivertigo lainnya yang tidak jarang diresepkan ialah golongan antagonis kalsium seperti cinnarizine dan flunarizine dengan aksi menekan pada vestibular. Golongan fenotiazin seperti klorpromazin cukup efektif untuk mengatasi  kondisi vertigo akut. Di samping itu, golongan penenang seperti diazepam, juga kerap digunakan untuk membantu mengurangi keluhan vertigo. Untuk mendapatkan efek terapi yang efektif, dokter sering kali  mengkombinasikan antivertigo dengan kelompok obat simpatomimetik seperti efedrin. Satu lagi kelompok obat yang juga aktif menekan fungsi  vestibular yakni antikolinergik seperti skopolamin yang tepat untuk mengatasi mual muntah.
Penderita Vertigo rentan mengalami kekambuhan. Untuk itu, terapi dengan obat juga harus disertai dengan terapi fisik. Selain itu, berbagai upaya pencegahan perlu dilakukan untuk melatih sistem keseimbangan.
Vertigo seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, adalah kondisi dimana anda merasakan segala di sekelilingnya bergerak, berputar-putar. Vertigo merupakan suatu keadaan dengan banyak pemicu yang mempengaruhi telinga dalam anda sehingga keseimbangan berkurang dan mengakibatkan beraktivitas menjadi sangat sukar bahkan mustahil. Ada beberapa latihan fisik yang dapat anda lakukan untuk meringankan kondisi tersebut.

Latihan Dasar yang Pertama
Adalah latihan pergerakan mata. Latihan ini bertujuan untuk membiasakan mata dengan pergerakan cepat. Latihan ini dapat dilakukan dengn cara duduk atau berdiri. kemudian gerakkan bola mata melihat ke atas dan ke bawah secara bergantian mulai dari lambat sampai cepat sebanyak 20 kali. Setelah itu lakukan hal yang sama dengan arang samping/kanan-kiri secara berkala dan sering.

Latihan Dasar Kedua
Adalah latihan pergerakan kepala. Penderita diminta untuk duduk rileks lalu meletakkan kepala hingga menyentuh paha dan menggerak-gerakkannya naik turun dengan mata terbuka. Lakukan sebanyak 20 kali secara intensif.

Latihan Ketiga
Adalah latihan pergerakan tubuh. Namun alangkah baiknya hubungi dokter terlebih dahulu sebelum melakukan latihan ini, karena jika salah akan sangat berisiko untuk jatuh atau justru memperparah vertigo. Penderita harus berjalan ke depan dan ke belakang secara bergantian mulai dari kecepatan rendah, sedang, hingga sangat cepat. Lakukan dengan mata terbuka, kemudian setelah 20 kali dilakukan dengan mata tertutup. Apabila sudah mulai terbiasa, latihan dilakukan dengan berjalan naik dan turun tanjakan.
Latihan selanjutnya adalah Latihan Brandt-Daroff yang melibatkan banyak gerkan. Dimulai dengan duduk di pinggir ranjang, lalu baringkan badan ke kanan (arahkan kepala ke kanan) beri jeda sebanyak 30 detik kemudian kembali ke posisi duduk tegap. Jatuhkan tubuh ke kiri (Arahkan kepala ke kanan)  dan beri jeda lagi 30 detik.

Latihan-latihan diatas sering disebut dengan nama rehabilitasi Vestibular. Rehabilitasi Vestibular merupakan suatu bentuk latihan=latihan fisik dimana penderita melakukan gerakan-gerakan yang biasa memperparah  vertigo dan atau mengurangi keseimbangan tubuh. Latihan ini ditujukan agar apabila dilakukan secara berkala, bagian pengatur keseimbangan tubuh penderita akan beradaptasi dengan pergerakan-pergerakan tersebut sehingga fungsinya membaik.

Nutrisi Pendukung untuk kesembuhan Vertigo adalah

















Sekian dan semoga bermanfaat..


Informasi Order Produk Hubungi:
08978858995
PIN BB: 282D377C

0 comments:

Post a Comment

komentar anda