Analisa Kelambatan Perform Laptop Acer Aspire 4755G

Semangat Pagi sobat-sobat blogger seluruh dunia. Kali ini ane mau menulis pengalaman pribadi ane tentang kasus yang terjadi pada Laptop Acer Aspire 4755 G dengan spesifikasi :

  • Intel Core i5-2410M 2.3GHz with Turbo Bosst up to 2.9GHz
  • NVIDIA GeForce GT 540M
  • 14.0" HD LED LCD
  • 4 GB DDR3 Memory
  • 640 GB HDD
  • OS Win 7 Professional  64 bit Original 
Nah, Laptop kesayangan ane itu ibarat orang sedang "lungrah" gitu. Perform menjadi lambat. Kasusnya seperti ini:
  1. Saat Booting super duper lama
  2. Klik/buka progam/file/data indikator kursor berubah jadi melingkar alias loading lambat.
  3. Saat masuk menu Bios digerakkan dengan mengeser menu telat-telat.
  4. Buat nge-Game gerakan putus-putus.
Nah ke 4 problem itu sangat mengganggu ane saat melakukan pekerjaan yang membutuhkan perform cepat faster. Maka dari itu ane mencari berbagai sumber dan literatur baik dari offline maupun online. Berikut langkah-langkah yang ane sudah lakukan untuk mengatasi problema tersebut:
1. Saya Install dan menscan seluruh partisi HDD laptop ane dengan antivirus Kaspersky Internet Security (KIS) 2011. Berminat bisa download disini.

Nah, ketika sudah ane scan, ternyata nihil, ndak ada virus. Padahal awal ane menganalisa plg cuma virus. eh ternyata bukan. Analisa ane berikutnya yaitu banyak progam yang terpasang di menu startup.

2. Ane masuk menu run, kemudian ketik msconfig (system configuration). Nah saya mengikuti aturan standard dengan mencontreng No GUI Boot, advanced options trus pilih Number of Processor dipilih angka yang paling banyak. Hal tersebut berbeda-beda tergantung jenis processornya. Karena laptop ane pake Core i5 maka angka pada menu tersebut sampai 4 (empat). Trus menu startup hilangkan contreng progam yang tidak diperlukan. Klil apply, OK. Restart. Hasilnya.. eh masih lambat juga.

3. Analisa ane berikutnya, wah jangan-jangan Hardisk ane yang trouble nih. bingung campur bimbang, coz klo ampe masuk service, bisa makin males, soalnya mesti harus rawat inap alias opname. capek deh. Langkah berikutnya ane memutuskan untuk Install ulang dengan mengorbankan software game kesayangan ane yang sudah banyak tanpa ane back up master progamnya. Dengan baca bismillah ane ambil Software OS Microsoft Windows 7 Professional 64 bit, open DVD RW laptop, masukkan CD, run, Install dengan memformat drive system (C). Josh...... beberapa menit kemudian. Finish. Ane install ulang lagi software standard seperti Office, Adobe, Printer, Mozila, Google Crome, CCleaner and Tune Up Utillity. Ane run testing...eh masih lambat juga. waduhhh..  Ane mpe frustasi tuch. Mana keburu mau di pake buat cara lagi.. pusing dah.

4. Ane share ama temen ane yang cukup mumpuni masalah IT tentang urusan laptop. Katanya suruh testing HDD aja. Dengan Defragmenter pada menu control panel - Administrative Tools - Defragment Your Hard Drive, lalu muncul menu Disk Defragmenter - klik Analyze Disk - Defragment Disk. Nah pada langkah ini sobat jangan kaget kalo waktu yang diperlukan suuuaaaangat lama sekali. Ane mulai dari jam 9 pagi, dan finish jam 3 sore. Mantep kan lamonya.. hehehehehe..
Hasil: Laptop ane kembali ngacirrrrr... manteph mas bro.. normal seperti asal. leganya hati ane. So ga' usah ribet harus ke service center ane. Males, coz jauh juga dari rumah ane.

Cukup ini dulu ye... semoga bermanfaat

2 comments:

  1. bermanfaat sekali
    terima kasih

    ReplyDelete
  2. sekedar menambahkan ....
    biasanya untuk kasus troble pd laptop krn overheating(terlalu panas), so saran ane pakelah coolingpad yg sumber arusnya tidak mengambil dr laptop itu sendiri.

    troble diatas bisa juga gejala HD mau mati, so jgn sering install ulang OS. bahkan berulang2 untuk memformat HD. Resiko ditanggung penumpang.

    next, atau klo laptop nya masih garansi, udah g usah byk cing-cong lgsg lempar aje ke service center..dijamin rebes. malah dapet free hardware bila ada yg rusak.

    ReplyDelete

komentar anda