Contoh Konsep Rapat Kegiatan Ramadhan 1434 H


Bissmillahirrohmaanirrohiim...

AGENDA RAPAT  I    TARBIYATUL ATHFAL  (TA) KEGIATAN RAMADHAN
PGBR 1434 H MASJID AL-MUSYAHADAH JOGONALAN KIDUL

Hari/Tanggal : Selasa, 4 Juni 2013
Jam        : 19.45 WIB (Ba’da Isya’)-> on time 20.00 WIB
Tempat        : Serambi Masjid Al-Musyahadah
Durasi waktu : 2 jam (20.00 - 22.00 WIB)

A. PEMBENTUKAN PANITIA TA

Ketua : Ivan Ari Dwiyanto
Wakil Ketua : Angga Mencari Sesuatu
- Bertanggung jawab penuh seluruh kegiatan TA (Ta’jilan, Petugas MC & Tarawih)
- Wakil Ketua siap berperan penuh apabila Ketua TA ada kesibukan diluar kepanitiaan.
Sekretaris : 1. Hanna
         2. Fauzan
- Bertugas membuat segala macam yang berhubungan dengan surat-menyurat/undangan, pamphlet, pengumuman/media informasi, dan mencatat/membuat laporan tertulis seluruh agenda dan program kerja TA.
Bendahara : 1. Lala
 2. Nuriga
- Bertugas penuh mengelola dan membuat pembukuan dana/biaya seluruh keperluan TA. Misalnya: Biaya Foto Copy, snack tarawih, rapat TA, hadiah, dan lain-lain yang berkaitan dengan pembiayaan keperluan TA.

Seksi/Sie/Support System :
- Perlengkapan : 1. Koordinator Umum : Aditama
  (bertanggung jawab penuh bersama Koordinator perlengkapan PGBR untuk mengontrol dan menyiapkan segala macam peralatan, sarana dan prasarana kegiatan Ta’jilan, Tarawih, dan Takbiran)
2. Koordinator Ta’jilan : 1. Asrofi
 2. Agus
 3. Astrid
 4. Bela
(Bertanggung jawab penuh dan mengontrol petugas piket ta’jilan dari merebus air dan membagikn makanan buka puasa dan berwenang memberikan perintah terhadap coordinator petugas piket tiap harinya, Misal: Mengecek sebelum sholat ashar tiba sudah harus merebus air, memberikan peringatan terhadap petugas piket yang kurang aktif atau tidak sopan, dll.)
3. Koordinator Tarawih : 1. Andre
 2. Trimarsyamto
 3. Yusuf RT.02
 4. Aan RT.06
   (Bertanggung jawab penuh untuk menyiapkan sarana & prasarana kegiatan taraawih di tempat Bapak Muh. Adab, 20 menit sebelum kumandang adzan Isya’ sudah siap untuk digunakan sholat isya’, kultum, dan sholat tarawih anak-anak. Termasuksound Systemnya)

- Konsumsi :1. Lila
                        2. Mita
 
(Menyiapkan snack/makanan untuk tarawih anaak-anak)

- Acara/Dakwah
          1. Anjar
 2. Akhir
 3. Ayu
 4. Puti
 5. Drajad
 6. Fitri
(Bertanggung jawab untuk menyusun jadwal imam sholat Isya’ & tarawih beserta Guru/Ustadz ta’jilan & kultum tarawih anak-anak)

- Dokumentasi : 1. Ardi
(Membuat dokumentasi seluruh kegiatan TA dan PGBR baik foto maupun video)

- Pembantu Umum & Keamanan : 1. Satria
                          2. Abi
(Bersama panitia TA yang lain mengoordinir untuk melakukan pengamanan dari seluruh rangkaian acara TA (Ta’jilan dan Tarawih), Misal: membantu menenangkan klo anak-anak pada ramai gak jelas, waktu tarawih/ta’jilan ada peserta yang membawa sepeda diamankan dan dirapikan parkirnya, dan sebagainya)


B. KONSEP KEGIATAN PGBR 1434 H MASJID AL-MUSYAHADAH

1. “JANGAN MENYEPELEKAN WAKTU”. Berusaha disiplin tepat waktu menghadiri acara kegiatan TA baik piket atau rapat, dll.
2. Seluruh Masing-Masing Koordinator  mempersiapkan apa yang harus di persiapkan, dan H-7 sudah harus ready dan ketua TA beserta PGBR 1434 H mengecek serta memastikan segala kesiapannya.
3. Diadakan Rapat Evaluasi dadakan jika salah satu program kerja ada yang tidak berjalan.
4. Selalu ditanyakan sesegera mungkin jika seorang coordinator mengalami kesulitan/ketidakpahaman dalam menjalankan tugas yang diembannya.
5. Petugas MC di Khususnya di Masjid Al-Musyahadah harus hadir dan WAJIB memberi kabar kepada Ketua TA apabila berhalan hadir/diganti hari lain (tukeran). Petugas MC WAJIB menandatangani presensi kehadiran menjalankan tugas MC.
6. Ketua PGBR dan Ketua TA selalu siap memberikan solusi dan keputusan apabila ada hal-hal yang membuat program kerja TA kurang berjalan lancar.
7. PGBR dengan Panitia TA selalu melakukan komunikasi baik langsung maupun via alat, supaya tidak ada Missed Comunication.
8. Khusus untuk Bendahara dan Sekretaris TA selalu mengedepankan pembukuan atau catatan dari seluruh rangkaian kegiatan TA. (Dipergunakan untuk hasil kegiatan dan laporan pertanggungjawaban Panitia TA).
9. Takjilan / Pengajian Menjelang Buka Puasa
Dalam kegiatan ini, Panitia PGBR membagi 2 kategori kegiatan, yaitu:
a) Kategori Orang Tua / Dewasa
Pengajian rutin yang di isi oleh Guru/Ustadz dari wilayah sendiri di Jogonalan Kidul yang bertempat di Serambi Masjid Al-Musyahadah dimulai pukul 16.30 WIB
b) Kategori Anak-anak
Berisikan kegiatan yang membangun mental dan kreatifitas anak-anak Islam seperti pembelajaran Aqidah-Akhlak dan didukung dengan materi-materi Islami. Bertempat di Madrasah Ibtidaiyah yang dimulai pukul 16.00 WIB dengan dipandu kakak-kakak Pembina yang sudah dipersiapkan oleh Panitia TA. (Materi Ta’jilan menyusul)
10. Pengajian/Kultum Ba’da Sholat Isya’ dan Sholat Tarawih
Dalam kegiatan ini, Panitia PGBR membagi 2 kategori kegiatan, yaitu:
c) Kategori Orang Tua Dewasa 
Pengajian rutin yang di isi oleh Guru/Ustadz yang sudah disiapkan sesuai jadwal. Tempat bisa di Masjid Al-Muysahadah, Mushola Al-Muqarabin, Mushola Al-Ikhlas.

d) Kategori Anak-anak
Dalam hal ini sudah di susun oleh panitia TA dan bertempat di rumah Bapak Muhammad adab RT.02 Jogonalan Kidul dengan kegiatannya kurang lebih  seperti berikut:
- Anak-anak hadir 15 menit sebelum Adzan Sholat Isya’ sudah berwudhlu dan membentuk Shof dengan di pandu Panitia TA yang sudah tersusun di Jadwal.
- Sambil menunggu Adzan, anak-anak bersama Panitia TA membaca surat-surat pendek/Juz ‘Amma.
- Kumandang Adzan di lakukan oleh Anak-anak yang sudah di susun jadwal.
- Imam Sholat Isya’ di lakukan oleh RIJKI/Panitia TA yang sudah disusun jadwal.
- Boleh dilanjutkan Sholat Tarawih atau diisi kultum terlebih dahulu.

11. Agenda Setelah/Ba’da Sholat Tarawih
Diharapkan seluruh Pengurus dan Anggota RIJKI memakmurkan Masjid Al-Musyahadah untuk melaksanakan tadarus Al-Qur’an/Belajar IQRA’, terkecuali ada rapat/agenda kegiatan lain misal seperti ada kegiatan Takmir, KTMM, atau acara yang lain.

12. Seluruh Panitia HARUS memiliki Contact Person masing-masing personil/coordinator kepanitiaan TA. (Sekretaris TA, membuat form nama dan CP, dan memperbanyak yang kemudian dibagikan keseluruhmasing-masing coordinator kepanitiaan)


C. TEKNIS PELAKSANAAN KONSEP

1. Niatkan hati tulus Ikhlas (Bissmillahirohmaanirrohiim) Menjalankan Amanah Mulia ini (semata-mata mencari Ridhlo Allah SWT.) dengan perasaan senang syukur Alhamdulillah. 
2. Seluruh pantia TA (terutama yang Putra) jika berkenan bisa latihan menjadi pembicara dan latihan menjadi Imam. Bisa dikonsultasikan ketua PGBR 1434 H.
3. Bendahara bersama sekretaris dan Ketua membuat form pengajuan dana anggaran biaya TA ke PGBR 1434. (Bisa dikonsultasikan dengan Ketua PGBR).
4. Ketua TA, Sekretaris dan dibantu Support System membuat jadwal seluruh kegiatan TA.
5. Setiap Koordinator Kepanitiaan TA diberikan bekal pengetahuan yang berkaitan dengan tugasnya. (Breafing Job Discription)
6. Ta’jilan:
- Petugas pengisi/pendamping harus datang tepat waktu. Karena 15 menit sebelum buka puasa kegiatan sudah harus dihentikan. Mengkondisikan anak-anak diam dan tidak ramai.
- Petugas pengisi/Pendamping harus mempersiapkan dahulu materi sesuai jadwal yang sudah ditentukan jauh-jauh hari.
- Harus ekstra sabar mengajari anak-anak.
- Kakak Pembina/panitia selalu action dan tidak boleh ada yang diam saat pelaksanaan. (saling mengisi dan berkoordinasi).
- Tidak ada perasaan “iri” ketika mendapatkan perintah tugas.
- Sesegera mungkin di melaksanakan perintah.
- Dalam kegiatan Ta’jilan ini coordinator Ta’jilan dan sie perlengkapan coordinator umum harus bisa memanage waktu dan SDM yang ada.
- Informasi lebih lanjut menyusul. Hehehehehehe…..
7. Tarawih:
- Sie Perlengkapan Koordinator Tarawih, 20 menit sebelum adzan Sholat Isya’ harus sudah menyiapkan alat sarana-prasarana, termasuk menyapu tikar/karpet, sound sytem dan lain-lain.
- Sie Pembantu Umum membantu mengarahkan anak-anak utnuk membuat shof dan mengkondisikan siap melakukan hafalan Juz ‘Amma yang kemudian dilanjut Sholat Isya’ berjamaah - Pengajian Kultum - Sholat Tarawih - pembagian snack.
- Ketua TA betul-betul bertanggung jawab akan siapa yang menjadi/mengisi Imam/Kultum, So, buat saja jadwal penceramah dan jadwal Imam. Pilih yang betul-betul bisa di andalkan.
- Tabungan rencana akan digabung di Baitul Maal.
- Informasi lebih lanjut menyusul. Hihihihihihihihiii…..

8. Takbiran dan Kriteria Juara (santriwan-santriwati terbaik menyusul)


NB:
1. Rencana diatas masih bisa direvisi (conditional)
2. Seminggu sebelum Hari – H atau H -7, materi sudah siap dan segala pengumuman informasi Ta’jilan dan tarawih sudah ready

3. Seminggu sekali diadakan Quisioner/Mengerjakan soal dari materi yang sudah disampaikan Guru/Ustadz/Kakak Pembina

4. Minggu Terakhir Ta’jilan diadakan lomba Islami;
a) Lomba Adzan
b) Lomba Hafalan Juz ‘Amma
c) Lomba Mewarnai
d) Lomba Menggambar

5. Dalam kegiatan Menggambar/Mewarnai Tidak hanya langsung mewarnai, Namun sebelumnya kakak Pembina menjelaskan/memprolog materi yang akan diaplikasikan saat mewarnai/menggambar. Karena hal ini bertujuan agar materi yang sederhana tetapi banyak manfaat diharapkan akan masuk ke dalam otak dan hati  anak-anak.

FASTABIQUL QOIROT…….!!!!

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

komentar anda

IKLAN HARI INI

Untuk infomasi Jual-Beli Tanah dan Rumah di JOGJA, silahkan bisa menghubungi :
HP : 08978858995
PIN BB : 282D377C
Dijamin Syari'ah dan Barokhah. Insya Allah.